Review Perusahaan
Layanan
IT dalam Perusahaan Hijup.com
Makalah
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi
Oleh :
(17117245) Erlang Triandana Pangestu
(12117360) Fikry Salsabil Ismail
(12117519) Ghifarry Yusuf Ananta
(13117827) Muhammad Abraar Rifandy C.
(14117834) Raden Tendika Maisan
Program
Studi Sistem Informasi
Fakultas
Ilmu Komunikasi dan Teknologi Informasi
Universitas
Gunadarma
Depok,
2017
BAB I
Pengenalan Hijup
1.1 Hijup
Hijup.com
didirikan oleh Diajeng Lestari pada tanggal 1 Agustus 2011. Awalnya Hijup.com
hanya memiliki dua orang karyawan, seorang admin komputer dan seorang admin
gudang, sedangkan untuk pengerjaan website;
Ajeng dibantu oleh tim IT perusahaan suaminya. Seiring berjalannya waktu,
banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi Hijup.com. Hal tersebutlah yang
membuat Hijup.com meningkatkan kualitasnya. Selain itu, Hijup.com memiliki
landasan yang membangun untuk kemajuan Hijup.com, seperti SDM dan value. Hijup.com menjalankan kegiatan
dan quality control dengan cermat,
sehingga rekomendasi yang diberikan adalah rekomendasi yang dapat dipercaya.
Berkat usaha dan kegigihan tersebut, Hijup.com berhasil menjadi Islamic e-commerce pertama di dunia dan
berhasil mencapai 1,5 juta visitor selama setahun. dan kini Hijup.com terkenal
di dalam maupun luar negeri.
Perusahaan
Hijup.com memiliki kantor yang berlokasi di daerah Pejaten Barat dan cabang di
berbagai kota-kota besar di Indonesia. Untuk bersaing di era digital Hijup.com
memiliki Aplikasi dan Website yang dilengkapi dengan fitur call customer care, live chat, email, line, dan whatsapp untuk
memudahkan customer menghubungi pihak customer
care dengan berbagai aplikasi chat
terisebut. Untuk mengoptimalkan fitur live
chat dan email pihak Hijup.com bekerja sama dengan aplikasi Freshchat dan Fresh Desk yang di kembangkan oleh PT. Weefer Indonesia, untuk
aplikasi Whatsapp pihak Hijup.com bekerja sama dengan Bluestack, dan untuk
Telepon pihak Hijup.com bekerja sama dengan Biznet dan Jascloud.
Untuk
sumber daya IT dapat dikatakan sudah mumpuni dikarenakan sudah terbentuknya tim
IT dan perangkat computer yang sudah compatible untuk menangani dan melakukan
maintenance pada server Hijup.
Untuk
system Hijup sendiri belum dapat dikatakan sepenuhnya optimal, dikarenakan
masih sering terjadinya kendala dalam system pembayaran dan juga system websitenya
saat diakses banyak pengunjung.
Gambar
1.1 Website Hijup.com
Beberapa fasilitas pelayanan yang
terdapat di Hijup.com adalah:
Fasilitas
ini digunakan untuk memilih barang yang diinginkan, didalam nya terdapat
beberapa kategori, seperti baju, sepatu, celana, rok, dan lain-lain.
Hijup.com
memiliki salah satu fitur yang menarik, yaitu sale page. Sale page menampilkan
diskon-diskon yang ada di Hijup.com.
Fitur
selajutnya yang dimiliki Hijup.com adalah Brand page. Brand page ini
menampilkan barang yang tersedia berdasarkan perancang barangnya tersebut.
Terdapat banyak perancang yang bergabung dengan Hijup.com. Jika memilih salah
satu nama perancang maka akan tampil barang-barang yang dirancangnya. Fitur ini
memudahkan pembeli untuk mencari barang berdasarkan perancangnya atau sekedar
ingin tahu siapa perancang bajubaju tersebut.
4.
E-Magz
dan Videos
Fitur
ini memberikan informasi berupa majalah dan video yang bertujuan untuk tutorial
berpakaian dan mencocokan pakaian dan menyajikan informasi – informasi seputar
dunia fashion muslim.
Gambar
1.2 Fitur pada Website Hijup.com
Gambar 1.2 merupakan salah satu dari upaya pelayanan yang
diterapkan oleh pihak Hijup.com untuk mempermudah customer mengetahui tentang pertanyaan umum dalam proses pemesanan,
adapula fitur live chat untuk
menghubungkan customer kepada pihak customer
care dari Hijup.com untuk menanannyakan pertanyaan yang tidak
diinformasikan di website atau
ditunjukan untuk customer complaint, retur produk, dan hal lainnya
terkait pesanan, fitur live chat seperti gambar berikut :
Gambar 1.3 Fitur Live Chat pada Hijup.com
Hijup dan Customer
Hijup
yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fashion tentu tidak lepas dari pengaruh masyarakat sebagai customer produk Hijup itu sendiri. Dari
hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara HijUp dan customer. Hubungan tersebut dapat
dijelaskan melalui dua faktor: financial
dan demand.
Dalam
bentuk data financial, kami tidak
mendapatkan informasi berupa data apapun. Namun, jika dilihat dari berbagai event yang diselenggarakan oleh Hijup
berlangsung sukses dan meriah dan dapat dikatakan event besar serta promo yang diadakan hampir dilakukan beberapa
hari sekali, jika hal tersebut dijadikan tolak ukur financial dari Hijup dapat dikatakan financialnya stabil dan dalam
setiap bulannya pihak Hijup mengadakan Hijup Days Out untuk para karyawan
melakukan aktifitas diluar kantor pada jam dan hari kerja.
Dalam
konfirmasi pembayaran sering kali terjadi pembayaran customer yang terpending dalam konfirmasinya yang mengakibatkan
pesanan customer tercancel oleh system. Dikarenakan system konfirmasi pembayaran yang belum otomatis dan kendala dalam system pembayaran virtual account. dan sering kali customer mengeluhkan website
yang down saat promo sedang
berlangsung dikarenakan terlalu banyak orang yang mengakses website tersebut. Sehingga kesimpulan
yang didapat ialah customer
mengharapkan system pembayaran yang
otomatis dan kestabilan pada website
dan aplikasi.
Bab III
Kesimpulan
Dari
informasi tersebut dapat disimpulkan tim IT dari perusahaan Hijup sudah
memiliki tim dan perangkat yang sudah mempuni namun system yang mereka miliki dapat dikatakan belum sepenuhnya optimal
karna masih ada beberapa kendala yang seharusnya sudah dapat ditangani dan
tidak terulang kembali. Financial Hijup termasuk stabil yang seharusnya dapat
melakukan perbaikan terhadap kendala yang dialami. Pihak customer hanya
menginginkan website atau aplikasi
yang stabil dan konfirmasi pembayaran yang cepat tanpa terjadinya kendala
terhadap system Hijup.
Daftar Pustaka
Official
Website Hijup.com: www.hijup.com
Disertai
oleh keterangan narasumber yang merupakan Karyawan Hijup yang bersifat anonim
(dirahasiakan)
Komentar
Posting Komentar