Review Perusahaan





Layanan IT dalam Perusahaan Hijup.com


 

Makalah
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi
Oleh    :
(17117245) Erlang Triandana Pangestu
(12117360) Fikry Salsabil Ismail
(12117519) Ghifarry Yusuf Ananta
(13117827) Muhammad Abraar Rifandy C.
(14117834) Raden Tendika Maisan

Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komunikasi dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
Depok, 2017



BAB I

Pengenalan Hijup


1.1  Hijup
 



 
 


Hijup.com didirikan oleh Diajeng Lestari pada tanggal 1 Agustus 2011. Awalnya Hijup.com hanya memiliki dua orang karyawan, seorang admin komputer dan seorang admin gudang, sedangkan untuk pengerjaan website; Ajeng dibantu oleh tim IT perusahaan suaminya. Seiring berjalannya waktu, banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi Hijup.com. Hal tersebutlah yang membuat Hijup.com meningkatkan kualitasnya. Selain itu, Hijup.com memiliki landasan yang membangun untuk kemajuan Hijup.com, seperti SDM dan value. Hijup.com menjalankan kegiatan dan quality control dengan cermat, sehingga rekomendasi yang diberikan adalah rekomendasi yang dapat dipercaya. Berkat usaha dan kegigihan tersebut, Hijup.com berhasil menjadi Islamic e-commerce pertama di dunia dan berhasil mencapai 1,5 juta visitor selama setahun. dan kini Hijup.com terkenal di dalam maupun luar negeri.


Perusahaan Hijup.com memiliki kantor yang berlokasi di daerah Pejaten Barat dan cabang di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Untuk bersaing di era digital Hijup.com memiliki Aplikasi dan Website yang dilengkapi dengan fitur call customer care, live chat, email, line, dan whatsapp untuk memudahkan customer menghubungi pihak customer care dengan berbagai aplikasi chat terisebut. Untuk mengoptimalkan fitur live chat dan email pihak Hijup.com bekerja sama dengan aplikasi Freshchat dan Fresh Desk yang di kembangkan oleh PT. Weefer Indonesia, untuk aplikasi Whatsapp pihak Hijup.com bekerja sama dengan Bluestack, dan untuk Telepon pihak Hijup.com bekerja sama dengan Biznet dan Jascloud.

Untuk sumber daya IT dapat dikatakan sudah mumpuni dikarenakan sudah terbentuknya tim IT dan perangkat computer yang sudah compatible untuk menangani dan melakukan maintenance pada server Hijup.

            Untuk system Hijup sendiri belum dapat dikatakan sepenuhnya optimal, dikarenakan masih sering terjadinya kendala dalam system pembayaran dan juga system websitenya saat diakses banyak pengunjung.
 

Gambar 1.1 Website Hijup.com


Beberapa fasilitas pelayanan yang terdapat di Hijup.com adalah:
Fasilitas ini digunakan untuk memilih barang yang diinginkan, didalam nya terdapat beberapa kategori, seperti baju, sepatu, celana, rok, dan lain-lain.

Hijup.com memiliki salah satu fitur yang menarik, yaitu sale page. Sale page menampilkan diskon-diskon yang ada di Hijup.com.

Fitur selajutnya yang dimiliki Hijup.com adalah Brand page. Brand page ini menampilkan barang yang tersedia berdasarkan perancang barangnya tersebut. Terdapat banyak perancang yang bergabung dengan Hijup.com. Jika memilih salah satu nama perancang maka akan tampil barang-barang yang dirancangnya. Fitur ini memudahkan pembeli untuk mencari barang berdasarkan perancangnya atau sekedar ingin tahu siapa perancang bajubaju tersebut.

Fitur ini memberikan informasi berupa majalah dan video yang bertujuan untuk tutorial berpakaian dan mencocokan pakaian dan menyajikan informasi – informasi seputar dunia fashion muslim.



 
Gambar 1.2 Fitur pada Website Hijup.com



Gambar 1.2 merupakan salah satu dari upaya pelayanan yang diterapkan oleh pihak Hijup.com untuk mempermudah customer mengetahui tentang pertanyaan umum dalam proses pemesanan, adapula fitur live chat untuk menghubungkan customer kepada pihak customer care dari Hijup.com untuk menanannyakan pertanyaan yang tidak diinformasikan di website atau ditunjukan untuk customer complaint, retur produk, dan hal lainnya terkait pesanan,  fitur live chat seperti gambar berikut :

Gambar 1.3 Fitur Live Chat pada Hijup.com


Hijup dan Customer

Hijup yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fashion tentu tidak lepas dari pengaruh masyarakat sebagai customer produk Hijup itu sendiri. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara HijUp dan customer. Hubungan tersebut dapat dijelaskan melalui dua faktor: financial dan demand.
Dalam bentuk data financial, kami tidak mendapatkan informasi berupa data apapun. Namun, jika dilihat dari berbagai event yang diselenggarakan oleh Hijup berlangsung sukses dan meriah dan dapat dikatakan event besar serta promo yang diadakan hampir dilakukan beberapa hari sekali, jika hal tersebut dijadikan tolak ukur financial dari Hijup dapat dikatakan financialnya stabil dan dalam setiap bulannya pihak Hijup mengadakan Hijup Days Out untuk para karyawan melakukan aktifitas diluar kantor pada jam dan hari kerja.

Dalam konfirmasi pembayaran sering kali terjadi pembayaran customer yang terpending dalam konfirmasinya yang mengakibatkan pesanan customer tercancel oleh system. Dikarenakan system konfirmasi pembayaran yang belum otomatis dan kendala dalam system pembayaran virtual account. dan sering kali customer mengeluhkan website yang down saat promo sedang berlangsung dikarenakan terlalu banyak orang yang mengakses website tersebut. Sehingga kesimpulan yang didapat ialah customer mengharapkan system pembayaran yang otomatis dan kestabilan pada website dan aplikasi.

Bab III

Kesimpulan


Dari informasi tersebut dapat disimpulkan tim IT dari perusahaan Hijup sudah memiliki tim dan perangkat yang sudah mempuni namun system yang mereka miliki dapat dikatakan belum sepenuhnya optimal karna masih ada beberapa kendala yang seharusnya sudah dapat ditangani dan tidak terulang kembali. Financial Hijup termasuk stabil yang seharusnya dapat melakukan perbaikan terhadap kendala yang dialami. Pihak customer hanya menginginkan website atau aplikasi yang stabil dan konfirmasi pembayaran yang cepat tanpa terjadinya kendala terhadap system Hijup.














Daftar Pustaka


Official Website Hijup.com: www.hijup.com
Disertai oleh keterangan narasumber yang merupakan Karyawan Hijup yang bersifat anonim (dirahasiakan)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Inovasi Menurut Schumpeter

[TUTORIAL] Cara Membuat Input Box dan Message Box pada Microsoft Visual Basic